Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang

Rusli, Asep (2014) Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ASEP_RUSLI_85213_2499_2014.pdf] Text
final_B1_9_ASEP_RUSLI_85213_2499_2014.pdf

Download (956kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini berawal dari keprihatinan penulis tentang kebiasaan membaca yang masih rendah dikalangan masyarakat Indonesia termasuk dalam hal ini di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penulis pun mengambil contoh pada siswa kelas X program keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang, dimana hasil belajar mata diklat alat ukur yang merupakan dasar bagi mata diklat lain masih rendah. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut termasuk diantaranya kebiasaan membaca yang kurang dari siswa. Dengan minat baca yang diikuti dengan kebiasaan membaca yang baik akan menunjang lancarnya proses belajar mengajar. Siswa pun akan lebih memahami apa yang diajarkan oleh guru. Selain itu proses praktikum juga akan berlangsung dengan baik dan alat akan terpelihara dengan baik karena siswa telah memahami manual dari alat ukur yang digunakan. Guna melihat keterikatan dari kebiasaan membaca dan seberapa kuat hubungannya dengan prestasi belajar, maka penulis mengajukan hipotesis yaitu: Terdapat hubungan antara Kebiasaan Membaca dengan Prestasi Belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Penelitian ini bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca dengan prestasi belajar pada mata diklat alat ukur. Populasi dalam penelitian ini sendiri berjumlah 118 siswa yang terdiri dari seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif. Sedangkan sampelnya berjumlah 55 siswa yang diambil dari populasi dengan menggunakan rumus Slovin. Data kebiasaan membaca siswa diambil dengan menggunakan angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data prestasi belajar mata diklat alat ukur diambil dari nilai rapor semester ganjil.jenia analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM), dan untuk menguji keberartian korelasi r, digunakanlah uji t untuk memperoleh hasil penelitian yang dapat diegenaralisasikan pada polpulasi.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi korelasi r hitung > r tabel (0,425 > 0,266) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (3,422 > 2,008) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan prestasi belajar pada mata diklat alat ukur siswa kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Prestasi Belajar, Alat Ukur, Teknik Otomotif, SMK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:36
Last Modified: 22 Aug 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22455

Actions (login required)

View Item
View Item