Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Smartphone Samsung Bagi Mahasziswa FE UNP

Rayvando, Winno (2014) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Smartphone Samsung Bagi Mahasziswa FE UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_WINNO_RAYVANDO_2009_13666_2014.pdf] Text
final_B1_8_WINNO_RAYVANDO_2009_13666_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh harga Smartphone Samsung terhadap permintaan Smartphone Samsung (2) Pengaruh selera terhadap permintaan Smartphone Samsung (3) Pengaruh harga Smartphone Iphone terhadap permintaan Smartphone Samsung (4) Pengaruh pendapatan terhadap permintaan Smartphone Samsung (5) Pengaruh kualitas terhadap permintaan permintaan Smartphone Samsung (6) Pengaruh harga Smartphone Samsung, selera, harga Smartphone Iphone, pendapatan, dan kualitas terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari 97 sampel mahasiswa FE UNP dengan teknik proportional random sampling terhadap masing-masing program studi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji G dan uji Wald dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Harga Smartphone Samsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP (sig = 0,961) dengan tingkat pengaruh sebesar - 0,003 (2) Selera berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP (sig = 0,004) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,242 (3) Harga Smartphone Iphone berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP (sig = 0,961) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,003 (4) Pendapatan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP (sig = 0,351) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,0000007 dan (5) Kualitas berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP (sig = 0,701) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,03 (6) Harga Smartphone Samsung, selera, harga Smartphone Iphone, pendapatan, dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap permintaan Smartphone Samsung bagi mahasiswa FE UNP (sig = 0,005). Penulis menyarankan kepada Perusahaan Samsung agar mampu menciptakan Smartphone yang inovatif dan berkualitas yang bisa bersaing dengan Smartphone merek lain, juga dengan harga yang dapat di jangkau oleh setiap lapisan masyarakat sehingga dapat menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membelinya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FAKTOR PERMINTAAN SMARTPHONE
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:35
Last Modified: 22 Aug 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item
View Item