Gusti, Faradina Dwi (2014) Peningkatan Keterampilan Memainkan Pianika dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FARADINA_DWI_GUSTI_18070_5251_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FARADINA_DWI_GUSTI_18070_5251_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FARADINA_DWI_GUSTI_18070_5251_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran dalam
keterampilan memainkan pianika yang belum terlaksana secara maksimal, dimana
guru belum mendemonstrasikan teknik memainkan pianika, guru belum
memberikan waktu dan membimbing siswa untuk berlatih, sehingga siswa belum
dapat memainkan pianika dengan teknik yang benar. Untuk mengatasinya maka
dilakukan tindakan yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan memainkan pianika pada
kelas IV SDN 01 Bandar Buat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 x pertemuan. Subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang.
Hasil penelitian dilihat pada penilaian RPP yang mengalami peningkatan
yaitu dari rata-rata 89,28% pada siklus I, menjadi 96% pada siklus II. Pada
penilaian lembar pengamatan dari aspek guru dari rata-rata 75% pada siklus I
menjadi 94% pada siklus II, dan lembar pengamatan dari aspek siswa dari rata
rata 62% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Pada penilaian proses dari
rata-rata 67 pada siklus I meningkat menjadi 82 pada siklus II dan pada penilaian
hasil dari rata-rata 68 pada siklus I meningkat menjadi 82 pada siklus II.
Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan
memainkan pianika dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN
01 Bandar Buat meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22437 |