Hasan, Ari Akhabun (2014) Analisis Perbandingan Penggunaan Bahan Peredam Suara Glass wool, Stainless wool dan Fibre Glass Terhadap Tingkat Kebisingan pada Sepeda Motor Empat Langkah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_ARI_AKHABUN_HASAN_16613_3868_2014.pdf [thumbnail of final_B1_9_ARI_AKHABUN_HASAN_16613_3868_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_ARI_AKHABUN_HASAN_16613_3868_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia mengakibatkan peningkatan taraf hidup dan kebutuhan alat transportasi. Semakin meningkatnya pertumbuhan sepeda motor khususnya diikuti munculnya part racing yang menjanjikan peningkatan performa kendaraan sampai penghematan bahan bakar. Knalpot merupakan salah satu part racing yang diminati oleh masyarakat. Banyaknya masyarakat yang menggunakan knalpot racing menimbulkan permasalahan baru seperti peningkatan konsumsi bahan bakar, emisi dan peningkatan temperatur kendaraan serta peningkatan tingkat kebisingan. Peningkatan tingkat kebisingan dapat menyebabkan dampak buruk bagi manusia dan berdampak buruk bagi lingkungan sosial. Untuk mengendalikan hal tersebut Menteri Lingkungan Hidup mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 7 Tahun 2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor tipe baru. Berdasarkan pengamatan peneliti secara langsung masih banyak masyarakat yang menggunakan knalpot racing di jalanan umum sehingga implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup belum terlaksana dengan optimal. Tingkat kebisingan yang dihasilkan knalpot racing dapat dikurangi dengan menggunakan bahan peredam yang berserat atau berpori seperti glass wool, stainless wool dan fibre glass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bahan peredam suara knalpot glass wool, stainless wool dan fibre glass terhadap tingkat kebisingan pada sepeda motor empat langkah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan menggunakan knalpot racing pada sepeda motor Vega R 110 tahun rakitan 2006 pada putaran 1400 rpm, 1700 rpm, 2000 rpm, 2300 rpm, 2800 rpm, pengambilan data dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali dari masing-masing bahan peredam suara.
Hasil penelitian menggunakan bahan peredam suara pada knalpot menunjukkan hasil yang signifikan. Secara umum bahan peredam suara fibre glass mampu menurunkan tingkat kebisingan sebesar 3,67 dB (4,2%) jika dibandingkan dengan bahan peredam suara glass wool sebesar 3,6 dB (4,1%) dan bahan peredam suara stainless wool sebesar 0,94 dB (1,09%)
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Knalpot Racing, Kebisingan, Bahan Peredam, Sepeda Motor, Fibre Glass |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 04:28 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 04:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22413 |