Agustina, Novita (2020) Kendala Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNP Angkatan 2017. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NOVITA_AGUSTINA_16045013_2690_2021.pdf [thumbnail of B1_01_NOVITA_AGUSTINA_16045013_2690_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NOVITA_AGUSTINA_16045013_2690_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19 menemui
banyak kendala-kendala. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui
kendala pembelajaran daring mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan
2017 ditinjau dari segi letak geografis, (2) Untuk mengetahui kendala
pembelajaran daring mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017
ditinjau dari segi ekonomi, (3) Untuk mengetahui kendala pembelajaran daring
mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 ditinjau dari segi fasilitas
belajar, (4) Untuk mengetahui kendala pembelajaran daring mahasiswa
pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 ditinjau dari segi pemahaman
penggunaan teknologi, (5) Untuk mengetahui kendala pembelajaran daring
mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 ditinjau dari segi
pemahaman materi pembelajaran, (6) Untuk mengetahui kendala pembelajaran
daring mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 ditinjau dari segi
beban tugas.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) kendala geografis,
mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 tidak mengalami kendala
kendala geografis. (2) kendala ekonomi, mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP
angkatan 2017 mengalami kendala ekonomi yakni dalam membeli paket data
internet. Hal ini disebabkan oleh penurunan pendapatan orang tua mahasiswa dan
adanya tindakan PHK yang dilakukan oleh perusahaan ditempat orang tua
mahasiswa bekerja. (3) kendala fasilitas belajar, mahasiswa pendidikan geografi
FIS UNP angkatan 2017 tidak mengalami kendala fasilitas belajar. (4) kendala
penggunaan teknologi, mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017
tidak mengalami kendala dalam penggunaan teknologi. (5) kendala materi
perkuliahan, mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 mengalami
kendala dalam memahami materi perkuliahan asinkron. (6) kendala beban tugas,
mahasiswa pendidikan geografi FIS UNP angkatan 2017 mengalami kendala
dalam bebas tugas yakni dikarenakan jaringan internet yang buruk dan tidak
cukupnya waktu untuk mengerjakan beban tugas yang cukup banyak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 04:27 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22407 |