Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 25 Gadut Kabupaten Agam

Firstyandika, Fariz (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 25 Gadut Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FARIZ_FIRSTYANDIKA_16129172_2755_2021.pdf] Text
final_B1_6_FARIZ_FIRSTYANDIKA_16129172_2755_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV ini dilatar
belakangi oleh : Guru belum menciptakan suasana belajar yang aktif, Guru belum
menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar dan
berfikir peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu dilakukan penelitian dengan menggunakan model
Cooperative Learning tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A
Match.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data
penelitian berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan
menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Teknik
pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan
peserta didik yang berjumlah 17 orang.
Hasil penelitian menunjukkan : Penilaian RPP siklus I yaitu 79,17%
(Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek
guru siklus I yaitu 81,25% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75%
(Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik yaitu 79,69% (Cukup), meningkat
pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,62 (Perlu Bimbingan), meningkat pada siklus
II yaitu diperoleh nilai rata-rata 87,23 (Baik). Dapat disimpulkan bahwa model
Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2025 04:27
Last Modified: 22 Aug 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22406

Actions (login required)

View Item
View Item