Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Bunga Bervariasi di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Nopa, Aprina (2014) Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Bunga Bervariasi di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_APRINA_NOPA_1110551_303_2014.pdf] Text
final_B1_9_APRINA_NOPA_1110551_303_2014.pdf

Download (512kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan masih rendah, tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan dan meningkatkan kwalitas anak dalam belajar di Tk Aisyiyah Koto Baru Bayang Pesisir Selatan melalui permainan bunga bervariasi.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan rumus persentase yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik,dengan subjek penelitian TK Aisyiyah Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Pada kelompok B2 yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan masih kurang maksimal dan dilanjutkan pada siklus II kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, sehingga hasil rata- rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Manfaat dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan, hasil dari penelitian ini bahwa melalui permainan bunga bervariasi dapat meningkatkan berhitung anak dalam mengenal lambang bilangan di Tk Aisyiyah Koto Baru Bayang Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Bilangan, Permainan Edukatif, Anak Usia Dini, TK Aisyiyah, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 22 Aug 2025 04:27
Last Modified: 22 Aug 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

View Item
View Item