Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR): Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014

Ghiavani, Farrah (2016) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR): Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FARRAH_GHIAVANI_1207104_2959_2016.pdf] Text
final_B1_6_FARRAH_GHIAVANI_1207104_2959_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh ukuran perusahaan
terhadap pengungkapan corporate social responsibility, (2) Pengaruh umur
perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, (3) Pengaruh
leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan (4)
Pengaruh media exposure terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat asosiatif
kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun yakni dari tahun 2012 sampai dengan tahun
2014. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive
sampling sehingga diperoleh 72 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan
berupa data sekunder berupa data panel yang diperoleh dari www.idx.co.id.
Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Metode statistik
analisis data yang digunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 16.0 for
windows.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) ukuran perusahaan berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility perusahaan, (2)
umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate
social responsibility perusahaan, dan (3) leverage tidak berpengaruh signifikan
terhadap corporate social responsibility perusahaan (4) media exposure
berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility
perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan (1) Perusahaan dapat
meningkatkan pengungkapan corporate social responsibility secara lebih luas dan
lebih detail dalam laporan tahunan karena adanya tuntutan dari para stakeholder,
(2) Penelitian selanjutnya hendaknya mempertimbangkan variabel independen
lain yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2025 04:26
Last Modified: 22 Aug 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22401

Actions (login required)

View Item
View Item