Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tali Pas Matematika di TK Al Hafiz Padang

Anizar, Anizar (2014) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tali Pas Matematika di TK Al Hafiz Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ANIZAR_51110_546_2014.pdf] Text
final_B1_9_ANIZAR_51110_546_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berhitung anak dalam mengenal konsep bilangan dengan benda-benda, dan media serta metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam mengenal konsep bilangan dengan benda-benda melalui permainan Tali Pas Matematika.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan subjek penelitian anak TK Al-Hafiz kelompok B1 dengan jumlah 15 orang anak. Instrumen yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam perkembangan kemampuan berhitung anak dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan sesuai yang diharapkan yaitu telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan. Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung melalui permaianan tali pas matematika

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Permaianan Tali Pas Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:27
Last Modified: 22 Aug 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item
View Item