Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN Nyiur Kec Malalak Kab Agam

Wati, Fatimah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN Nyiur Kec Malalak Kab Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FATIMAH_WATI_50543_2064_2016.pdf] Text
final_B1_6_FATIMAH_WATI_50543_2064_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan yang diamati peneliti di SDN Nyiur
Kecamatan Malalak Kabupaten Agam ditemui permasalahan bahwa proses
pembelajaran PKn di kelas IV masih rendah hal ini terlihat di dalam proses
pembelajarn masih dominan, sebaliknya siswa kurang diberikan kesempatan.
Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan motivasi siswa untuk
belajar menjadi berkurang, sehingga nilai yang dicapai tidak sesuai dengan yang
diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model
cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn
dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together
(NHT) di kelas IV SDN Nyiur Kecamatan Malalak.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester I tahun ajaran 2015/2016 di SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten
Agam, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Nyiur,
dengan jumlah siswa 10 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan
observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa aspek rencana pelaksanaan pembelajaran pada
siklus I adalah 85.7% (baik), aspek guru 84.0% (baik), aspek siswa 82.3% (baik),
sedangkan hasil belajar siswa 67 (cukup). Aspek rencana pelaksanaan pembelajaran
meningkat pada siklus II adalah 89.3% (baik), aspek guru 92.9% (sangat baik), aspek
siswa 92.9% (sangat baik), dan hasil belajar siswa mendapat rata-rata 84.2 (baik)
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model cooperative
learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn di kelas IV SDN Nyiur Kecamatan Malalak Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 22 Aug 2025 01:54
Last Modified: 22 Aug 2025 01:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22386

Actions (login required)

View Item
View Item