Fatmawati, Fatmawati (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Animasi bagi Siswa Kelas III SDS Islam Al-Falah Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FATMAWATI_56825_162_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_FATMAWATI_56825_162_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FATMAWATI_56825_162_2013.pdf
Download (605kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil kenyataan yang penulis amati di SDS
Islam Al-Falah Bukittinggi ditemui permasalahan bahwa pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru cendrung bersifat teori informatif dan menimbulkan
kejenuhan pada diri siswa sehingga siswa mengalami kesulitan dalam
pembelajaran menulis puisi. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang
lebih menarik. Akibatnya pembelajaran menulis puisi siswa rendah. Salah satu
tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa
adalah dengan media gambar animasi. Media gambar animasi dapat membantu
siswa mengembangkan ide/gagasan yang kreatif dan juga dapat membuka
skemata siswa terhadap apa yang diamati.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif,
dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. dengan tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa hasil
pengamatan, hasil penilaian dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran menulis puisi dengan media gambar animasi, hal ini
dapat dilihat, dari skor penilaian terhadap aktivitas guru dari 65% mengalami
peningkatan 88%, aktivitas siswa dari 59% mengalami peningkatan menjadi 85%.
Ketuntasan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I tahap prapenulisan 71, tahap
penulisan 70, dan tahap pascapenulisan 68, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu
pada tahap prapenulisan 80, tahap penulisan 79, dan tahap pascapenulisan 80.
Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat dilihat dari perolehan nilai
yang telah mencapai KKM sekolah yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22379 |