Pengaruh Penggunaan Intake Manifold Tipe X Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang CO Dan HC Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2008

Adnan, Fitri (2014) Pengaruh Penggunaan Intake Manifold Tipe X Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang CO Dan HC Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2008. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_FITRI_ ADNAN_1207539_682_2014.pdf] Text
final_B1_10_FITRI_ ADNAN_1207539_682_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi otomotif memberikan dampak positif dalam kehidupan
manusia. Selain dampak positif, perkembangan teknologi ini juga bisa
memberikan dampak negatif yang cukup serius, diantaranya kemacetan lalu lintas,
pencemaran udara dan meningkatnya jumlah konsumsi bahan bakar.
Perkembangan teknologi khususnya dalam dunia otomotif telah memberikan
sarana yang mendukung serta kebebasan bagi konsumen untuk memilih produkproduk
teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pengembangan
modifikasi yang sekarang ini cukup banyak diterapkan adalah penggunaan
berbagai jenis variasi intake manifold guna mengurangi penggunaan bahan bakar
dan emisi gas buang. Intake manifold pada sepeda motor berfungsi sebagai wadah
menyalurkan aliran campuran bahan bakar dan udara yang homogen ke dalam
silinder. Intake manifold type X merupakan salah satu jenis varian intake manifold
yang dipercaya dapat menciptakan aliran yang homogen ke ruang bakar Oleh
sebab itu penulis tertarik meneliti tentang pengaruh intake manifold tipe X
terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO dan HC.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pennelitian ini
dilakukan pada tanggal 21 Januari 2014 dengan menggunakan Sepeda Motor
Yamaha Jupiter Z. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang
CO dan HC dilakukan pada putaran 1400 Rpm, 1600 Rpm, 1800 Rpm, 2000
Rpm, dan 2200 Rpm. Dengan menggunakan intake manifold standar dan intake
manifold tipe X. Pengambilan data dilakukan 3 kali pada setiap putaran.
Hasil penelitian untuk lima putaran diperoleh rata-rata yang signifikan.
Hasil penelitian dihitung menggunakan t tes, untuk konsumsi bahan bakar
diperoleh t hitung = 5,878, CO = 26,648 dan HC = 7,801. Karena t hitung lebih besar
dari ttabel (2,132), maka hasil tersebut dikatakan signifikan. Penggunaan intake
manifold tipe X dapat menghemat bahan bakar sebesar 4,75% dan menurunkan
tingkat emisi gas buang CO dan HC masing-masing sebesar 26,64% dan 7,80%.
Hasil emisi gas buang tersebut belum melewati ambang batang emisi yang telah
ditetapkan oleh pemerintah yaitu 4,5% untuk CO dan 2400 ppm untuk HC

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:29
Last Modified: 21 Aug 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22351

Actions (login required)

View Item
View Item