Zuhra, Amalia (2011) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di TK AL-Fitrah Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_AMALIA_ZUHRA_93921_13_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_AMALIA_ZUHRA_93921_13_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_AMALIA_ZUHRA_93921_13_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan berbahasa anak bercerita dengan bahasa sendiri di TK AL Fitrah kurang berkembang ini terbukti masih banyak anak yang belum termotivasi berbicara dan juga malu jika disuruh bercerita didepan teman-temannya. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah agar terjadinya peningkatan terhadap perkembangan bahasa anak dengan cara menceritakan isi gambar dengan bahasa sendiri melalui permainan ular tangga di TK AL-Fitrah Ujung Gading Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang meningkatkan mutu pembelajaran, objek penelitiannya adalah anak kelompok A1 TK AL-Fitrah Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat.Data penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara, penilaian dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil setiap siklus telah menggambarkan adanya peningkatan berbahasa anak dengan menceritakan isi gambar dari siklus I ke siklus II menjadi meningkat.Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan pada aspek yang ada pada anak yaitu: anak dapat mendengarkan cerita guru dengan baik, anak dapat menyebutkan 3-4 kosa kata, anak dapat menyebutkan warna, anak dapat menceritakan isi gambar dengan bahasa sendiri, anak berani tampil kedepan, anak senang bermain dengan anak, anak dapat menghubungkan gambar dengan kata yang melambangkannya dengan permainan ular tangga. Dapat dinyatakan bahwa pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui permainan ular tangga meningkat. Dengan berhasilnya penelitian ini maka peneliti menyimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini dapat dilakukan melalui Permainan Ular Tangga
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbahasa, anak usia dini, permainan ular tangga, menceritakan isi gambar, penelitian tindakan kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:32 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22289 |