Ahmad, Yunus Kholis (2014) Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Event Sponsorship terhadap Citra Perusahaan PT. Semen Padang di Kecamatan Pauh V Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YUNUS_KHOLIS_AHMAD_56527_5333_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_YUNUS_KHOLIS_AHMAD_56527_5333_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YUNUS_KHOLIS_AHMAD_56527_5333_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Persaingan usaha yang semakin ketat khususnya pada bidangpertambangan menjadikan para Produsen selalu ingin memenangkan persaingansehingga seringkali mereka mengeksplorasi hingga ketitik kritis tanpa memikirkankehidupan masyarakat dan lingkungan setempat sehingga aktivitas tersebut dapatmempengaruhi citra perusahaan di tengah masyarakat khususnya masyarakat disekitar perusahaan. Citra tersebut merupakan penilaian masyarakat terhadapperusahaan yang penilaian tersebut didapat dari apa yang dilakukan perusahaanbaik dalam aktivitas operasional perusahaan maupun kepedulian perusahaanterhadap masyarakat dan lingkungan. Oleh melalui Corporate SocialResponsibility (CSR) dan Event Sponsorship perusahaan ingin memperbaiki citramereka ditengah masyarakat.Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah masyarakatKecamatan Pauh V kota Padang yang pernah menerima CSR dan pernahmengikuti acara yang diselenggarakan oleh PT. Semen Padang. Variabel Bebasdalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR) (X1) dan EventSponsorship (X2). Sedangkan untuk variabel terikat (Y) adalah Citra Perusahaan.Jenis penelitian ini menggunakan jenis kausatif, dan metode yang digunakanadalah survei dengan teknik area sampling, maka diperoleh jumlah sampelsebesar 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisisregresi berganda dengan menggunakan uji normalitas, multikolinearitas,heterokedastisitas, uji t, dan uji F dengan menggunakan program SPSS versi 16.0Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Corporate SocialResponsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap CitraPerusahaan PT. Semen Padang pada masyarakat Kecamatan Pauh V di kotaPadang dimana t hitung = 1,997 dengan sig = 0,049 < 0,05. (2) Event sponsorshipberpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Perusahaan PT. Semen Padangpada masyarakat Kecamatan Pauh V Kota Padang dimana t hitung = 2,988 dengansig = 0,004 < 0,05.Oleh karena itu, saran untuk PT. Semen Padang hendaknya lebihmeningkatkan kepedulian terhadap Usaha Mikro yang ada di Kecamatan Pauh V.Selain itu PT. Semen Padang padang hendaknya mengevaluasi event sponsorshipyang telah baik terkait tema acara, waktu pelaksanaan dan manfaat yang akandiberikan kepada masyarakat agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility (CSR), Event Sponsorship, Citra Perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:31 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22258 |