Maulana, Akon (2014) Kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar pada Mata Diklat Hidrolik dan Kompresor Udara Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_AKON_MAULANA_00633_4106_2014.pdf [thumbnail of final_B1_9_AKON_MAULANA_00633_4106_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_AKON_MAULANA_00633_4106_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat hidrolik dan kompresor udara dipengaruhi oleh faktor baik yang berasal dari dalam siswa tersebut maupun faktor dari luar. Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang berasal dalam diri siswa dapat menentukan hasil akhir dari proses belajar mengajar yang dilaksanakan di sekolah. Kecerdasan emosional memegang kendali atas apa yang akan diraih siswa pada akhir kegiatan belajar mengajar dengan tingkat kecerdasan emosional yang cukup dapat memacu siswa untuk terus bangkit dan tetap bertahan dalam mengalami kesulitan dalam belajar maupun memotivasi serta mempengaruhi sikap dalam mengikuti pelajaran. Guna melihat seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, maka penulis mengajukan hipotesis yaitu: Terdapat Hubungan yang Positif dan Signifikan antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Hidrolik dan Kompresor Udara Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penenlitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa pada mata diklat hidrolik dan kompresor udara. Populasi pada penelitian ini sebanyak 59 orang dan sampel sebanyak 38 orang siswa yang di ambil dari populasi dengan menggunakan rumus slovin dan proposional sampling. Data kecerdasan emosional siswa diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data prestasi belajar mata diklat hidrolik dan kompresor udara diperoleh dari nilai raport semester ganjil. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji menggunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi, serta uji koefisien determinasi guna melihat seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Variabel Y.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,633 > ,320) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (4,902 > 1,695) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada mata diklat hidrolik dan kompresor udara siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang. Serta besar kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 40,03 %
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 09:19 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22229 |