Pengaruh Saat Pengapian terhadap Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (CO) Pada Motor Bensin Empat Langkah Berbahan Bakar Pertamax

Yuvenda, Dori (2013) Pengaruh Saat Pengapian terhadap Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (CO) Pada Motor Bensin Empat Langkah Berbahan Bakar Pertamax. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_DORI_ YUVENDA_ 1108118_749_2013.pdf] Text
final_B1_10_DORI_ YUVENDA_ 1108118_749_2013.pdf

Download (743kB)

Abstract

aaaaaaLingkungan mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita.
Ketergantungan kita pada lingkungan tidak bisa kita mungkiri karena lingkungan
adalah tempat kita untuk melakukan aktivitas. Lingkungan yang baik akan
menunjang kelansungan hidup manusia dan sebaliknya. Lingkungan yang bersih
dan nyaman adalah kunci dari kesehatan manusia. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan untuk meminimalisir pencemaran udara akibat dari emisi gas buang
kendaraan adalah dengan cara mengatur saat pengapian yang pada kendaraan ber
CC besar namun masih meiliki sistem pengapian konvensional dan perbandingan
kompresi yang masih kecil dibawah 9,5:1 jika menggunakan bahan bakar yang
tidak di spesifikasikan pabrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan
perbedaan saat pengapian tersebut terhadap emisi gas buang kendaraan (CO)
pada kendaraan motor bensin empat langkah berbahan bakar pertamax.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan kendaraan yang
digunakan adalah Kijang Grand Extra 1.8 tahun 1996 . Selanjutnya saat
pengapian akan di remapping dengan beberapa variasi saat pengpian. Kemudian
dilakukan pengukuran kandungan gas Karbon Monoksida (CO) pada putaran 750
rpm, 1500 rpm, dan 2500 rpm. Dimana pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali
pengulangan.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa remapping saat pengapian
menimbulkan perbedaan pada emisi gas Karbon Monoksida (CO). Tingkat
kandungan gas Karbon Monoksida (CO) yang paling rendah adalah pada sudut 5°
(Sebelum TMA) pada motor bensin empat langkah berbahan bakar pertamax.
Berdasarkan uji statistik ( uji t) diketahui terdapat perbedaan yang signifikan pada
emisi gas buang CO pada motor bensin empat langkah. Pada variasi (remapping)
persentase penurunan emisi gas CO lebih banyak adalah pada saat pengapian 5°
(Sebelum TMA) yaitu 1.194 % (vol)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remapping saat pengapian, Emisi gas buang
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 09:18
Last Modified: 20 Aug 2025 09:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22224

Actions (login required)

View Item
View Item