Monika Sari, Nora (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Pendekatan Constructivisme Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NORA_MONIKA_SARI_83274_711_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_NORA_MONIKA_SARI_83274_711_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NORA_MONIKA_SARI_83274_711_2012.pdf
Download (472kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan memahami isi teks bacaan, menjawab pertanyaan mengenai isi teks bacaan , dan menjelaskan isi bacaan. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca pemahaman dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan constructivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan constructivisme pada tahap prabaca, saatbaca, dan pasacabaca.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca, pengamatan yang diamati oleh observer, dan refleksi pada masing-masing siklus.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman. Pada tahap prabaca siklus I persentase rata-rata siswa 69,53 % pada siklus II meningkat menjadi 82,8 %. Tahap saat baca siklus I persentasae rata-rata siswa 59,37 % pada siklus II meningkat menjadi 93,75 %. Tahap pascabaca siklus I persentase rata-rata siswa dari 43,35 % pada siklus II meningkat menjadi 80,46 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan pendekatan constructivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 07 Supanjang Kecamatan Lima Kaum.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, Pendekatan Constructivisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:02 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22209 |