Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Jasa Cucian Motor Ronic di Kelurahan Parupuk Tabing Padang.

Nilasari, Nova (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Jasa Cucian Motor Ronic di Kelurahan Parupuk Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVA_NILASARI_67739_2225_2012.pdf] Text
final_B1_7_NOVA_NILASARI_67739_2225_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, Untuk melihat pengaruh bauran
pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian ulang jasa
Cucian Motor Ronic.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian deskriptif
kausatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena
tentang bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan
pembelian ulang konsumen jasa Cucian Motor Ronic di Kelurahan Parupuk
Tabing Padang. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh konsumen
yang pernah menggunakan jasa Cucian Motor Ronic sebelumnya yang diambil
sebanyak 100 orang responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh dari menyebarkan angket penelitian, sedangkan
data sekunder diperoleh dari buku-buku, maupun studi kepustakaan. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) jasa berpengaruh langsung
sebesar 2,0 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 4,4 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic, (2) harga berpengaruh langsung
sebesar 1,9 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 3,5 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic, (3) promosi berpengaruh langsung
sebesar 2,5 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 6,1 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic, (4) tempat berpengaruh langsung
sebesar 3,2 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 8,4 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic, (5) karyawan berpengaruh langsung
sebesar 7,1 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 12,4 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic, (6) proses berpengaruh langsung
sebesar 2,6 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 16,1 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic, (7) bukti fisik berpengaruh langsung
sebesar 2,2 , dan berpengaruh tidak langsung sebesar 6,5 terhadap keputusan
pembelian ulang jasa Cucian Motor Ronic. Sedangkan 21,1% dipengaruhi oleh
factor lain diluar penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada
pihak perusahaan agar dapat mempertahankan kualitas yang baik dan harga yang
rendah, serta lebih meningkatkan kegiatan promosi, kinerja karyawan dan bukti
fisik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:17
Last Modified: 20 Aug 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22188

Actions (login required)

View Item
View Item