Putra, Doni (2012) Hubungan Sikap Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) Di SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DONI_PUTRA_85075_1249_2012.pdf [thumbnail of B1_03_DONI_PUTRA_85075_1249_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DONI_PUTRA_85075_1249_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hubungan yang
signifikan antara sikap dengan hasil belajar pada mata diklat MRL di SMK Negeri
1 Padang, (2) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan
belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat MRL di SMK Negeri 1
Padang, (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara sikap dan
kebiasaan belajar yang dimiliki siswa dengan hasil belajar pada mata diklat MRL
di SMK Negeri 1 Padang.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian korelasional yang bersifat
deskriptif dengan subyek penelitian sebanyak 71 orang siswa SMKN 1 Padang
yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2011 dan masih aktif mengikuti mata
diklat Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL). Instrumen penelitian menggunakan
angket dalam bentuk skala likert sebanyak 64 item. Untuk uji validitas butir
angket menggunakan product moment dimana terdapat 11 item yang gugur,
sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan metode Alpha dimana semua
item dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis korelasi product moment .
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara sikap
belajar dengan hasil belajar mata diklat MRL secara signifikan sebesar 18,43 %.
(2) Terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata diklat
MRL secara signifikan sebesar 8,7 %. (3) Terdapat hubungan sikap dan kebiasaan
belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar mata diklat MRL secara
signifikan sebesar 28 %. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat
hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata diklat Menganalisis
Rangkaian Listrik adalah faktor sikap dan kebiasaan belajar baik secara sendirisendiri
maupun secara bersama-sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar yang baik turut dipengaruhi oleh sikap dan kebiasaan belajar yang
baik pula, semakin baik sikap dan kebiasaan belajar siswa maka hasil belajar
siswa pun akan baik atau meningkat, begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22117 |