Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang

Sari, Anggun Permata (2019) Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Anggun_Permata_Sari_15016081_1928_2019.pdf] Text
B1_01_Anggun_Permata_Sari_15016081_1928_2019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan
kosakata bidang lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Padang Panjang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi penguasaan
kosakata bidang lingkungan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada
tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 171 orang siswa. Sampel dalam penelitian
ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 43
orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan kosakata bidang
lingkungan dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut
diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan
kosakata bidang lingkungan dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan
menulis teks deskripsi.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata bidang
lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang berada pada
kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,48 . Kedua, keterampilan menulis
teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang berada pada
kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,49. Ketiga, terdapat kontribusi
penguasaan kosakata bidang lingkungan terhadap keterampilan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebesar 59,44%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
penguasaan kosakata bidang lingkungan berkontribusi terhadap keterampilan
menulis teks deskripsi. Semakin baik penguasaan kosakata bidang lingkungan (X)
akan semakin baik pula keterampilan menulis teks deskripsi (Y). Dengan
demikian, diperlukan penguasaan kosakata yang baik agar keterampilan menulis
juga baik.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:33
Last Modified: 19 Feb 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item
View Item