Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi

Zulfa, Fadhilla (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Fadhila_Zulfa_18129173_2953_2022.pdf] Text
final_B1_06_Fadhila_Zulfa_18129173_2953_2022.pdf

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaraan menggunakan model yang dapat
membangkitkan keaktifan peserta didik serta belum menggunakan model
pembelajaran diskusi kelompok sehingga pada pembelajaran masih terkesan
konvensional, serta kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu
yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar
peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SD Negeri
05 Birugo Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilakukan dalam jangka
waktu 3 minggu yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2
pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini
diksanakan di SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya
adalah guru beserta peserta didik di kelas IV.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di
siklus I diperoleh rata-rata skor 84,5% dan pada siklus II diperoleh skor 94%
(Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I diperoleh
rata-rata yaitu 82,5% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat
Baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 80,5% (Baik),
dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata 73,5 (Cukup) sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 82 (Baik). Dengan demikian model kooperatif tipe
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan
hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:35
Last Modified: 19 Aug 2025 08:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item
View Item