Fadhly, Fadhly (2017) Peningkatan Proses Pembelajaran Tema 8 dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FADHLY_1308818_4989_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_FADHLY_1308818_4989_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FADHLY_1308818_4989_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah SDN 15 ulu Gadut Kota
Padang bahwa pada proses pembelajaran guru belum mengorientasikan siswa
pada masalah, sehingga siswa belum dapat memecahkan masalah sendiri, kurang
aktif dalam belajar secara mandiri maupun kelompok, belum mampu
mengembangkan hasil kerjanya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
peningkatan proses pembelajaran dengan model problem based learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian meliputi perencanaan,
tindakan sesuai dengan rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan
melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SD
Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi
rencana pelaksanaan pembelajaran model PBL dan lembar observasi pelaksanaan
model PBL. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan empat kali pertemuan.
Hasil penelitian pada pengamatan RPP siklus I pertemuan I memperoleh
persentase 81,81 % dan pada siklus I pertemuan II presentase yang diperoleh
yaitu 88,63 %. Sedangkan skor rata-rata pada siklus I yaitu 85.22%. Pada siklus
II pertemuan I memperoleh presentase yaitu 97,72 dan pada siklus II pertemuan II
memperoleh presentase 100 %. Sedangkan skor rata-rata pada siklus II yaitu
98.86 %. Pengamatan pelaksanaan aspek guru dan aspek siswa siklus I pertemuan
I menunjukkan bahwa, presentase yang diperoleh yaitu 70%. dan pada siklus I
pertemuan II memperoleh presentase 80%. Sedangkan skor rata-rata pada siklus I
yaitu 75%. Pada siklus II pertemuan I memperoleh presentase yaitu 90% dan
pada siklus II pertemuan II memperoleh presentase 100 %, sedangkan skor rata
rata pada siklus II yaitu 95%. Dengan demikian, model problem based learning
dapat menunjukkan meningkatkan proses pembelajaran di SDN 15 Ulu Gadut
Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22034 |