Pengaruh Penggunaan Alat Penguat Tegangan Output Sensor MAP Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Kendaraan 4 Langkah

Zummayroh, Zummayroh (2019) Pengaruh Penggunaan Alat Penguat Tegangan Output Sensor MAP Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Kendaraan 4 Langkah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ZUMMAYROH_15073052_5773_2019.pdf] Text
final_B1_9_ZUMMAYROH_15073052_5773_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan alat penguat tegangan
output sensor MAP terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang
nantinya akan dibandingkan dengan mesin standar tanpa penguat tegangan output
sensor MAP. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkap pengaruh penggunaan
alat penguat tegangan output sensor MAP terhadap konsumsi bahan bakar dan
emisi gas buang kendaraan 4 langkah. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan seberapa besar perubahan yang dihasilkan dari penggunaan alat
penguat tegangan output sensor MAP terhadap emisi gas buang dan konsumsi
bahan bakar.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest only
control design. Desain ini digunakan karena penelitian ini terdapat dua kelompok
yang dipilih bukan secara acak. Dari dua kelompok yang akan diberikan
perlakuan ini akan dilihat seberapa jauh variable bebas akan ikut berpengaruh
terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar mesin 4 langkah. Objek dari
penelitian ini adalah mobil Toyota Avanza tahun 2010. Penelitian dilakukan
dengan cara menguji emisi gas buang kendaran dengan for gas analyzer dan
konsumsi bahan bakar dengan buret. Data yang dikumpulkan merupakan data
yang didapat langsung dari pembacaan alat for gas analyzer dan buret ketika
masih menggunakan mesin standar dan alat penguat tegangan output sensor MAP.
Pengujian ini dilakukan di workshop Teknik Otomotif Fakultas Teknik
Universitas Negeri Padang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan pada
pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang diperoleh ;1) Berdasarkan
data yang didapat konsumsi bahan bakar selalu meningkat karena penambahan
alat penguat tegangan output sensor MAP yang memanipulasi pembacaan sensor.
;2) Emisi gas buang HC dan CO juga terjadinya peningkatan dikarenakan
campuran kaya yang tercipta oleh memanipulasi tegangan output yang dihasilkan
sensor MAP, data pembacaan dari sensor yang dikirim oleh signal PIM tidaklah
data sebenarnya, namun data yang sudah dimanipulasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mesin Standar, Alat Penguat Tenganggan Output Sensor MAP, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, Carbon Monoksida (CO), Hydrocarbon (HC)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:34
Last Modified: 19 Aug 2025 06:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item
View Item