Febrianto, Meggi (2012) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Diklat Teori Las Listrik di SMK N 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_08_MEGGI_FEBRIATO_85174_281_2013.pdf [thumbnail of final_B1_08_MEGGI_FEBRIATO_85174_281_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_08_MEGGI_FEBRIATO_85174_281_2013.pdf
Download (718kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswatentanglas listrik, siswa jugakurang aktif dalam proses belajar mengajar dan sebagianbesar siswa tidak mau bertanya jika ada konsep-konsep yang dijelaskan gurubelum dimengerti.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasilbelajarmata diklat teori las listrik siswa yang menggunakan strategi pembelajaranaktif tipe Guided Note taking dengan metode Pembelajaran Konvensionalpadasiswa kelas X T.Las SMKN 2 Payakumbuh.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan rancanganpenelitian “Randomized Control Group Only Design”. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X T.Lasdi SMKN 2 Payakumbuhyang terdaftar TahunPelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling(secara acak),kelas yang terpilih adalah kelas X T.Las 2sebagai kelas eksperimendan kelas X T.Las 1 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah tes.Bentuk tes yang digunakan adalah objektif berjumlah 25 soal dengan reliabilitas :0,81Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas Guided NoteTaking80,25dan kelas Konvensional70,62. Dari hasil uji hipotesis diperolehZhitung4,20 dan Ztab1,98dengan α 0,05. Jadi Zhitung> Ztabmaka H0 ditolak,sehinggaterdapat perbedaan yang signifikan hasil belajarlas listrik siswa yangmenggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Takingdengan metodePembelajaran Konvensional.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwastrategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Takingdapat meningkatkanhasil belajar las listriksiswa jika dibandingkan dengan metode PembelajaranKonvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, STRATEGI PEMBELAJARAN, LAS BUSUR LISTRIK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:33 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 06:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21988 |