Hubungan Konsep Diri Matematika dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa.

Ningsih, Martia (2019) Hubungan Konsep Diri Matematika dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_MARTIA_NINGSIH_14011026_832_2019.pdf] Text
final_B1_08_MARTIA_NINGSIH_14011026_832_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsep diri matematika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salahsatunya prokrastinasi akademik yaitu perilaku penundaan pada tugas matematikayang dilakukan secara sengaja dengan melakukan aktivitas lain yangmenyenangkan. Siswa yang memiliki konsep diri negatif cenderung melakukanprokrastinasi akademik. Kenyataannya di lapangan beberapa siswa memilikikonsep diri matematika yang negatif dan melakukan prokrastinasi. Tujuanpenelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan konsep diri matematika siswa, (2)mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, (3) menguji hubungan antarakonsep diri matematika dengan prokrastinasi akademik pada siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatandeskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa SMA Negeri 1 Bukittinggitahun ajaran 2017/2018 sebanyak 1200 siswa kelas X dan XI dengan jumlahsampel 100 orang yang diperoleh menggunakan teknik proportional stratifiedrandom sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala konsep dirimatematika dan skala prokrastinasi akademik. Nilai koefisien reliabilitas yangdiperoleh yaitu 0,813 untuk skala konsep diri matematika dan 0,874 untuk skalaprokrastinasi akademik, dihitung menggunakan alpha cronbach. Teknik analisisdata diolah dengan menggunakan product moment dari Karl Pearson denganbantuan program SPSS versi 20.0.Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) konsep diri matematika berada padakategori sedang, (2) prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang, (3)terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri matematika denganprokrastinasi akademik siswa dengan koefisien korelasi sebesar -0, 478 danp=0,000 (p<0,01).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONSEP DIRI, PROKRASTINASI AKADEMIK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:05
Last Modified: 19 Aug 2025 02:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item
View Item