Purnamasari, Juita (2017) Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_JUITA_PURNAMASARI_58745_148_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_JUITA_PURNAMASARI_58745_148_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_JUITA_PURNAMASARI_58745_148_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran tematik terpadu di
lapangan belum sesuai dengan konsep yang diharapkan, guru hanya menyalin apa
yang ada pada buku guru, kurang mengembangkan indikator dari kompetensi dasar yang
terkait serta minimnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang akan digunakan
sehingga pada pelaksanaannya tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa belum
tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan
pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan saintifik di Kelas I SDN 15 Ulu
Gadut Kota Padang.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN 15 Ulu Gadut
Kota Padang dengan jumlah siswa 30 orang dan peneliti sebagai praktisi serta
guru kelas sebagai obsever. Prosedur dalam penelitian ini yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II
siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses data hasil
pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan
scientific.
Hasil penelitian menunjukan nilai perencanaan pembelajaran siklus 1
pertemuan I 69,4% (cukup), pada siklus 1 pertemuan II 75% (baik) dan meningkat
siklus II 88,9% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek guru siklus 1 pertemuan I
58,33% (kurang), pada siklus 1 pertemuan II 75% (cukup) dan meningkat siklus II
95% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek siswa siklus 1 pertemuan I 55%
(kurang), pada siklus 1 pertemuan II 75% (cukup) dan meningkat siklus II 95%
(sangat bai). Pada setiap siklus yang dilaksanakan terlihat peningkatan hasil belajar
siswa. Pada tes tindakan siklus I pertemuan 1 rata-rata sebesar 2,6 (cukup). Siklus I
pertemuan 2 rata-rata hasil belajar sebesar 3,0 (baik) dan siklus II rata-rata hasil
belajar sebesar 3,3 (sangat baik). Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa
pembelajaran menggunakan pendekatan scintific dapat meningkatkan hasil belajar
siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran tematik, pendekatan scintific |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 10:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 10:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21917 |