Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SDN 02 Pauh Sangik Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota

Jismawati, Jismawati (2021) Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas IV SDN 02 Pauh Sangik Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_JISMAWATI_52345_2300_2012.pdf] Text
final_B1_06_JISMAWATI_52345_2300_2012.pdf

Download (221kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Pauh Sangik, peneliti sebagai guru
kelas IV dalam mengajarkan pembagian masih bersifat konvensional, sehingga
kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajran. Sehingga nilai siswa banyak
yang di bawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk itu peneliti tertarik
memperbaiki proses pembelajaran pembagian bilngan bulat melalui pelaksanaan
penlitian tindakan kelas dengan pendekatan kooperatif tipe STAD. Langkahlangkah
pembelajaran kooperatif STAD yaitu (1) penyajian materi pembelajran,
(2) membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang tiap
kelompok yang berbeda kemampuannya, (3) siswa berdiskusi dalam kelompok
untuk membahas LKS, (4) melaporkan hasil kerja kelompok, (5) siswa
mengerjakan tes individu, (6) menentukan hasil tes individu dan memberikan
penghargaan kelompok. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
mendiskripsikan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan
meningkatkan hasil belajar pembagian bilangan bulat dengan menggunakan
pendekatan kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research)
dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur
penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu,1) perencanaan 2) pelaksanaan
3) pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada
siklus pertama perencanaan merupakan indikator, pengamatan kegiatan
pembelajaran dan evaluasi. Pelaksanaan berhubungan dengan interaksi belajar
antara guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02
Pauh Sangik yang jumlah siswanya 12 orang.
Hasil belajar pembagian bilangan bulat dengan pendekatan cooperatitive
learning type STAD mengalami peningkatan dimana rata-rata siklus I kognitif 70,
afektif 55, psikomotor 55, rata-rata tes siswa 6,0, sedangkan nilai siklus II kognitif
90, afektif 91, psikomotor 92 rata-rata tes siswa pada siklus II 9,0.
Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam
proses pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam materi pembagian bilangan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2025 09:21
Last Modified: 15 Aug 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21912

Actions (login required)

View Item
View Item