Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks di Kelas V SDN 48 Daratan Merantih Kab. Pesisir Selatan

Merantika, Jimmy (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks di Kelas V SDN 48 Daratan Merantih Kab. Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_JIMMY_MERANTIKA_17129224_2998_2021.pdf] Text
final_B1_06_JIMMY_MERANTIKA_17129224_2998_2021.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum optimalnya pembinaan karakter siswa
dalam pembelajaran. Hal itu disebabkan oleh masih minimnya penerapan
pembelajaran yang berbasis pada nilai-nilai sikap dan pembentukan karakter.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan VCT Model Matriks
disekolah dasar.
Peneletian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks di
Kelas V SDN 48 Daratan Merantih. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan
menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus. Data penelitian berupa observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian RPP siklus I
dengan rata-rata 81% (Baik) dan siklus II 94% (Sangat Baik), pelaksanaan
pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83% ( Baik) dan siklus II
94% (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada aspek siswa siklus
I dengan rata-rata 79,5% (Cukup) dan siklus II 94% (Sangat Baik). Penilaian
sikap siklus I di kategorikan (Baik) dan di siklus II menjadi (Sangat Baik). Hasil
belajar siswa siklus I dengan rata rata nilai 71 (Cukup) dan siklus II 89 (Baik),
sedangkan persentase ketuntasan siklus I 36% (Kurang) dan siklus II dengan 95%
(Sangat Baik). Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa pendekatan Value
Clarification Technique (VCT) Model Matriks dapat meningkatkan hasil
pembelajaran tematik terpadu dikelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VCT Model Matriks, Tematik Terpadu, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2025 09:21
Last Modified: 15 Aug 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item
View Item