Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto

Putra, Jimi Eka (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_JIMI_EKA_PUTRA_16129182_3966_2020.pdf] Text
final_B1_06_JIMI_EKA_PUTRA_16129182_3966_2020.pdf

Download (603kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya guru
mengembangkan RPP yang dibuat dalam proses pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran masih berpusat pada guru atau teacher centered, guru belum
memberikan pembelajaran yang nyata kepada siswa, tidak ada rangsangan yang
diberikan untuk menggali keingintahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model
Discovery Learning di kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas IV SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto yang berjumlah 25
orang. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan
instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada : a) RPP siklus I 84,24%
(baik) dan siklus II 93,18% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada siklus I 83,33%
(baik) dan siklus II 91,66% (sangat baik), sedangkan aktivitas siswa pada siklus I
81,94% (baik) dan siklus II 91,66% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil
belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 78,92 dan siklus II dengan rata-rata 85,06.
Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
terpadu

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model Discovery Learning, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2025 09:20
Last Modified: 15 Aug 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item
View Item