Aufa, Jezka Salsabila (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas V SDN 01 Sarilamak Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_JEZKA_SALSABILA_AUFA_18129119_2984_2022 ( 26 Jul.pdf [thumbnail of final_B1_06_JEZKA_SALSABILA_AUFA_18129119_2984_2022 ( 26 Jul.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_JEZKA_SALSABILA_AUFA_18129119_2984_2022 ( 26 Jul.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang belum menerapkan model
pembelajaran yang inovatif dalalm penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran, kurang mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis
kelompok, kurang memberikan rangsangan kepada peserta didik tentang materi
yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik
tentang materi yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengolah informasi yang diperoleh dan guru kurang
membimbing peserta didik dalam menyimpulkan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team Di Kelas
V SDN 01 Sarilamak.
Penelitaian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti
selaku observer, guru sebagai praktisi dan peserta didik kelas V SDN 01
Sarilamak yang berjumlah 28 orang. Sumber data penelitian adalah RPP dan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan
model Listening Team. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu
Dokumen Analisis, Observasi, Tes dan Non Tes.
Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP pada siklus 1 rata-rata 81,94
% (C), meningkat pada siklus II 94,44% (SB). Penilaian aktivitas guru siklus I
memperoleh rata-rata 81,94% (C), meningkat pada siklus II 94,44% (SB).
Penilaian aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 81,94% (C), meningkat pada
siklus II 94,44% (SB). Penilaian hasil belajar Siklus 1 rata-rata 77% (C),
meningkat pada siklus II 89% (B). Dengan demikian, berdasarkan data penelitian
yang didapat, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Listening Team
dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di kelas V SDN
01 Sarilamak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Listening Team, Hasil Belajar, Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21858 |