Meilina, Meilina (2014) Efektifitas Metode Music and Movement terhadap Pengenalan Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MEILINA_54417_3733_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_MEILINA_54417_3733_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MEILINA_54417_3733_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di TK Adhyaksa XXVI Padang bahwa pengenalan Bahasa Inggris pada anak belum berkembang dengan baik dikarenakan pengunaan metode yang tidak variatif oleh guru dalam memperkenalkan Bahasa Inggris pada anak sehingga anak kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pengenalan Bahasa Inggris, akibatnya perbendaharaan kosa kata Bahasa Inggris anak masih kurang dan mengucapkan kosa kata Bahasa Inggris juga belum tepat. Oleh karena itu metode music and movement ini diduga efektif digunakan untuk pengenalan Bahasa Inggris pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas metode music and movement terhadap pengenalan Bahasa Inggris pada anak di TK Adhyaksa XXVI Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Adhyaksa XXVI Padang berjumlah 118 orang anak terbagi dalam 6 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya sampling purposive, yaitu kelompok B1 dan kelompok B3 masing- masingnya berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 7 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t- test).
Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan metode music and movement memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan metode dengar ucap. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh lebih besar dari menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode music and movement memberi pengaruh yang signifikan terhadap pengenalan Bahasa Inggris pada anak di TK Adhyaksa XXVI Padang tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Music and Movement, Pengenalan Bahasa Inggris Anak, Taman Kanak-kanak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21846 |