Fajri, Fadlul (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share(TPS) di Kelas IV SD Negeri 06 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FADLUL_FAJRI_1305063_4915_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_FADLUL_FAJRI_1305063_4915_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FADLUL_FAJRI_1305063_4915_2017.pdf
Download (512kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan
guru kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru kurang memberikan
kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi informasi kepada temannya,
guru jarang membentuk siswa dalam kerja kelompok secara berpasangan.
Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Guru diharapkan
mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran
(pembelajaran secara individu maupun kelompok). Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS
Dengan Menggunakan Model Cooperative learning Tipe Think Pair
Share(TPS) di kelas IV SD Negeri 06 Padang Besi Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang mana prosedur penelitiannya meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV SDN 06 Padang Besi Kota Padang. yang berjumlah
24 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang
diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I nilai rata-rata 85,7 %
dengan kualifikasi Baik (B), dan meningkat pada sikuls II 92,86% dengan
kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru dan aspek siswa
pada siklus I nilai rata-rata 78,4 dengan kualifikasi Baik (B), dan meningkat
pada sikuls II menjadi 95,45% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil
belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 73,43 dengan kualifikasi Cukup (C)
dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 88,81 dengan kualifikasi Sangat
Baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative
learning Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 06 Padang Besi Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21840 |