Naldi, Jefri (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative learning Tipe Numbered Heads Together(NHT) di Kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_JEFRI_NALDI_1300427_3760_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_JEFRI_NALDI_1300427_3760_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_JEFRI_NALDI_1300427_3760_2017.pdf
Download (982kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan
guru kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru kurang memperhatikan
keheterogenan siswa dalam pembentukan kelompok dan kurang mengecek
pemahaman siswa saat penyampaian hasil diskusi. Akibatnya hasil belajar yang
diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan
Model Cooperative learning Tipe Numbered Heads Together(NHT) di kelas IV
SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus yang mana prosedur penelitiannya meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru
dan siswa kelas IV SDN 17 Jawa Gadut Kota Padang yang berjumlah 24 orang.
Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang diperoleh
melalui lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I adalah 82,1 %
dengan kualifikasi Baik (B), meningkat menjadi 89,3% dengan kualifikasi Sangat
Baik (SB) pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 92,86% dengan
kualifikasi Sangat Baik (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru dan
aspek siswa pada siklus I pertemuan I adalah 72,7% dengan kualifikasi Cukup
(C), meningkat menjadi 84,1% dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus I
pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 95,45% dengan kualifikasi Sangat Baik
(SB) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 70
meningkat menjadi 76,9 pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi
88,8 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
Cooperative learning Tipe Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 17 Jawa Gadut Kota
Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21838 |