Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Saputra, Januar (2017) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_JANUAR_SAPUTRA_1308865_5132_2017.pdf] Text
final_B1_06_JANUAR_SAPUTRA_1308865_5132_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah bahwa bahan ajar yang
digunakan masih ada masalah, yaitu materinya masih kurang lengkap, kurangnya
kecakupan materi yang diharapkan dari Kompetensi Dasar, penulisan indikator
pada pemetaan KD juga belum menggunakan penomoran, pada buku siswa
cakupan materi kurang begitu luas, masih kurangnya pemahaman guru terhadap
model-model pembelajaran. Mengatasi hal tersebut, dikembangkan bahan ajar
pembelajaran tematik terpadu berbasis Project Based Learning. Tujuan penelitian
ini adalah menghasilkan bahan ajar pembelajaran tematik terpadu berbasis Project
Based Learning yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan
penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui
lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpulkan melalui angket respon
guru dan siswa, observasi penggunaan bahan ajar, serta wawancara dengan guru.
Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian pengembangan bahan ajar yang dikembangkan
memperoleh tingkat validitas sangat valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 3,62.
Hasil observasi, angket dan wawancara dengan guru juga siswa menyatakan
bahwa bahan ajar telah sangat praktis pada hasil angket guru dengan persentase
kepraktisan 96,43%, sedangkan pada hasil angket siswa sudah sangat praktis
dengan persentase kepraktisan 94,16%. Kemudian dari hasil aktivitas siswa
dikatakan sudah efektif dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,47 saat
ujicoba dan 3,2 saat penyebaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar tematik terpadu berbasis Project Based Learning telah dinyatakan
valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:37
Last Modified: 15 Aug 2025 08:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item
View Item