Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Bilyard Angka di Taman Kanak-Kanak Anayah Bawan Ampek Nagari Bawan Kabupaten Agam

Suryati, Septina (2015) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Bilyard Angka di Taman Kanak-Kanak Anayah Bawan Ampek Nagari Bawan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SEPTINA_SURYANI_1209775_54_2016.pdf] Text
final_B1_7_SEPTINA_SURYANI_1209775_54_2016.pdf

Download (933kB)

Abstract

Salah satu kemampuan dasar yang harus dikembangkan adalah kemampuan berhitung anak, permasalahan yang ditemui di Tk Anayah Bawan Ampek Nagari adalah kemampuan berhitung anak masih rendah. Khususnya dalam pengenalan konsep bilangan dengan lambang bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan bilyard angka di Tk Anayah Bawan Ampek Nagari
Jenis penelitaian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B Tk Anayah Bawan Ampek Nagari dengan jumlah anak 12 orang, 4 orang laki-laki dan orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan observasi dan presentase. Manfaat dari penelitian ini agar dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak yang merupakan subjek langsung dalam penelitian ini
Penelitian ini dilakukan dalam II siklus. hasil penelitian ini telah menunjukkan perkembangan terhadap kemampuan berhitung anak. ini terlihat pada siklus I kemampuan berhitung anak mulai berkembang, namun belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II kemampuan berhitung anak lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, terlihat dengan tercapainya presentase tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (kkm)
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bilyard angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Tk Anayah Bawan Ampek Nagari kabupaten agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung anak, konsep bilangan, permainan bilyard angka, pembelajaran anak usia dini, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:33
Last Modified: 15 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item
View Item