Astriana, Yezi (2013) Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian secara Online Tiket Pesawat AirAsia: Studi Kasus pada Konsumen AirAsia di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YEZI_ASTRIANA_13564_5477_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_YEZI_ASTRIANA_13564_5477_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YEZI_ASTRIANA_13564_5477_2013.pdf
Download (700kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi konsumen untuk menentukan keputusan pembelian secara online tiketpesawat AirAsia di kota Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 130 orang denganmenggunakan teknik non-probability sampling yaitu metode sampling dimanapeluang dari setiap anggota tertentu dari populasi yang dipilih tidak diketahui. Tekniknon-probability sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling, yaknimetode pengambilan sampel dimana anggota sampel (responden) harus memenuhisyarat penelitian yaitu responden harus merupakan konsumen AirAsia yang pernahmelakukan pembelian secara online melaui website AirAsia. Data primer dalampenelitian ini diperoleh dari penyebaran kuisioner pada responden sedangkan datasekunder yaitu data-data yang diperoleh dari pihak luar untuk dijadikan tambahaninformasi, seperti buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan sumber dari internet. Teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis faktor (exploratory factor analysis).Hasil dari penelitian ini adalah terdapat sembilan faktor yang mempengaruhikonsumen untuk melakukan pembelian secara online melalui website AirAsia yaitu(1) faktor pribadi, (2) faktor kemampuan perusahaan (firm capabilities), (3) faktorsosial dan motivasi reabilitas, (4) faktor motivasi kenyamanan (conveniencemotifation factor), (5) faktor karakteristik produk, (6) faktor promosi, (7) faktormotivasi distribusi, (8) faktor aksesibilitas dan yang terakhir (9) faktor fasilitas.Penulis menyarankan pihak maskapai penerbangan AirAsia harus mengetahuikarakteristik dan keinginan konsumennya, dimana kepribadian atau individuseseorang memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan keinginan konsumenuntuk melakukan pembelian secara online tiket pesawat AirAsia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian, Online, Analisis Faktor |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 06:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21760 |