Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika tentang Konsep Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Cingkariang

Pernando, Faisal (2017) Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika tentang Konsep Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Cingkariang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FAISAL_PERNANDO_1300482_3944_2017.pdf] Text
final_B1_06_FAISAL_PERNANDO_1300482_3944_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media CD
interaktif sebagai media dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD
interaktif terhadap hasil belajar matematika pada konsep pecahan di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 13 Cingkariang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain
nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa
untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media CD interaktif dan 25 orang
siswa untuk kelas kontrol tanpa menggunakan media CD interaktif. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berupa tes
objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan relabilitasnya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
sebesar 78,00 dengan standar deviasi 14,14. Sedangkan nilai rata-rata posttest
kelas kontrol adalah 56,80 dengan standar deviasi 17,72. Dari hasil uji hipotesis
dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05, didapat
thitung sebesar 4,673 dan ttabel sebesar 2,010. Maka diperoleh thitung > ttabel
(4,673 > 2,010). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan
media CD interaktif terhadap hasil belajar matematika pada konsep pecahan di
kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Cingkariang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 Aug 2025 04:23
Last Modified: 15 Aug 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21716

Actions (login required)

View Item
View Item