Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Cerita Bergambar di dalam Kotak di TK Bakti VIII Jambak Pasaman Barat

Masturoh, Masturoh (2014) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Cerita Bergambar di dalam Kotak di TK Bakti VIII Jambak Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MASTUROH_1110496_3336_2014.pdf] Text
final_B1_7_MASTUROH_1110496_3336_2014.pdf

Download (661kB)

Abstract

Kemampuan anak dalam berbicara masih rendah, disebabkan keterbatasan media dan kurang kreatif guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara melalui bercerita bergambar didalam kotak.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak TK Bakti VIII Jambak Kelompok B2 dengan jumlah anak 15 orang, yang terdiri dari 8 orang laki – laki dan 7 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus – September dan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanan,pelaksanan,observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan untuk setiap siklusnya. Instrumentasi penelitian ini adalah format observasi dan dokumentasi dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, tehnik analisis data dengan teknik persentase. Penelitian dilakukan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan anak dalam berbicara dari siklus 1yang pada umunya masih terlihat rendah, terjadi peningkatan pada siklus 2. Peningkatan kemampuan berbicara anak terlihat dengan tercapainya presentase tingkat keberhasilan anak yang mana hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melelui cerita bergambar didalam kotak dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Bakti VIII Jambak Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara Anak, cerita Bergambar di dalam kotak, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Taman Kanak-kanak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 15 Aug 2025 04:23
Last Modified: 15 Aug 2025 04:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21715

Actions (login required)

View Item
View Item