Hasanah, Niftahul (2021) Struktur dan Diksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NIFTAHUL_HASANAH_17016159_4387_2021.pdf [thumbnail of B1_01_NIFTAHUL_HASANAH_17016159_4387_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NIFTAHUL_HASANAH_17016159_4387_2021.pdf
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskpasikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan strukur teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatra
Barat. Kedua, mendeskripsikan penggunaan ditinjau dari segi penulisan, bentuk,
dan makna dalam teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat di kelas XI.
Teknik penggumpulan data dilalukan dengan dokumentasi. Dokumen yang
digunakan adalah kumpulan teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1
Sumatera Barat, yang dikumpulkan saat pembelajaran bahasa Indonesia semester
1.Istrumen peneiltian ini adalah penelitian sendiri yang dibantu dengan formatformat
dan buku referensi. Pengenalisisan data disesuaikan dengan alur
penganalisisan data kulitatif dengan cara redukasi data, penyajian data, dan
verivikasi data.
Hasil penelitian ada dua. Pertama, ditemukan tiga bagian struktur teks
eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, dan ulasan di dalam
tulisan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Kedua, ditemukan ketepatan
diksi yang lebih dominan berdasarkan kesalahan penulisa, pembentukan, dan
ketepatan makna dalam tulisan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, menulis
teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang telah
menggunakan tiga struktur teks eksplanasi. Ketiga struktur teks eksplanasi tersebut,
yaitu identifikasi fenomena, rangkaian kejadian dan ulasan. Hal itu terbukti dari
semua teks eksplanasi yang telah dianalisis, sebagaian besar siswa menulis teks
eksplanasi dengan lengkap menggunakan unusr identifikasi fenomena, rangkaian
kejadian, dan ulasan. Kedua, jika dilihat dari penggunaan diksi siswa dalam
penggunaan diksi sudah tepat. Teks yang dianalisis siswa lebih dominan tepat
dalam penulisan diksi, meskipun juga terdapat kesalahan dalam pembentukan dan
salah dalam penggunaan makna teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1
Sumatera Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21714 |