Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Permata Tersembunyi di TK Melati Teratak Baru Kabupaten Pesisir Selatan

Maryulida, Maryulida (2014) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Permata Tersembunyi di TK Melati Teratak Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MARYULIDA_1110595_4094_2014.pdf] Text
final_B1_7_MARYULIDA_1110595_4094_2014.pdf

Download (554kB)

Abstract

Motorik halus anak masih rendah, hal ini terlihat jari jemari anak tidak lentur, anak belum mampu menulis dengan pensil dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan permata tersembunyi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sabjek penelitian anak TK Melati Teratak Baru Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 20 orang anak pada tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis menggunakan rumus persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 3 pertemuan.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata motorik halus anak pada kondisi awal kurang baik, motorik halus anak melalui permainan permata tersembunyi pada siklus I meningkat menjadi cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi baik, dimana terdapat peningkatan motorik halus anak. Artinya permainan permata tersembunyi terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Mutiara Melati Teratak baru Kabupaten Pesisir selatan. Dengan demikian berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa permainan permata tersembunyi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B di Taman Kanak- kanak Melati Teratak Baru Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus Anak, Permainan Permata Tersembunyi, TK Melati Teratak Baru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:08
Last Modified: 15 Aug 2025 03:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item
View Item