Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Murni, Atri (2012) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ATRI_MURNI_52543_2240_2012.pdf] Text
final_B1_6_ATRI_MURNI_52543_2240_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian inidilandasi oleh kenyataan dilapangan bahwa dalam pembelajaran IPA, guru kurang bisa menggunakan berbagai macam pendekataan dalam pembelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada rata-rata nilai Mid semester I pada tahun ajaran 2011/2012 yaitu 66,22 yang berada di bawah standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah menggunakan pendekatan CTL, dengan pendekatan CTL ini siswa dapat mengaitkan materi pelajarannya dengan situasi dunia nyata, sehingga pembelajaran IPA dirasakan siswa lebih bermakna dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri atas empat tindakan dalam dua siklus, penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru siswa kelas V SDN 11Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatan hasil belajar IPA siswa dapat dilihat pada: a) rata-rata skor aspek afektif siswa pada siklus pertama adalah 69termasuk kriteria cukup, dan siklus kedua meningkat menjadi 86,5 termasuk kriteria baik; b) rata-rata skor aspek psikomotor siswa pada siklus pertama adalah 69,5termasuk kriteria cukup, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 86,5 termasuk kriteria baik.; dan c) rata-rata aspek kognitif pada siklus pertama adalah 70,77 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 80,09 yang mencapai standar ketuntasan minimal yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Pembelajaran, IPA, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:07
Last Modified: 15 Aug 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21690

Actions (login required)

View Item
View Item