Shafira, Atliza (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 21 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ATLIZA_SHAFIRA_56961_2004_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ATLIZA_SHAFIRA_56961_2004_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ATLIZA_SHAFIRA_56961_2004_2013.pdf
Download (373kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SD N 21 Taluak bahwa pembelajaran pembelajaran IPA yang selama ini sulit sekali ditemukan menggunakan alat peraga dan jarang melakukan percobaan. Sehingga berlangsung pembelajaran IPA yang tidak mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dan kritis siswa. Disamping itu hasil belajar masih rendah. Untuk itu diadakan suatu penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakanmetode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 34 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD N 21 Taluak. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada: (1) RPP siklus I memperoleh kriteriabaik dengan rata-rata73,18% meningkat pada siklus II 92,85% dengan kriteria sangat baik,(2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 67,31% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 90,38% dengan kriteria sangat baik dan pada aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata 66,34% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 90,38% dengan kriteria sangat baik, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 73,06 meningkat menjadi 84,23 pada siklus II. Dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD N 21 Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21677 |