Atika Sy, Atika Sy (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan menggunakan Metode Problem Solving di Kelas VI SDN 11 Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ATIKA_SY_54243_2208_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_ATIKA_SY_54243_2208_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ATIKA_SY_54243_2208_2015.pdf
Download (873kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa guru masih mendominasi pembelajaran, guru belum mampu memotivasi siswa untuk mengemukakan ide-idenya dalam memecahkan masalah. Selain itu, guru juga belum mampu melatih siswa untuk berpikir logis dalam mencari hubungan sebab akibat dalam suatu masalah sehingga menyebabkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn masih rendah. Salah satu metode yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode Problem Solving. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 11 Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah siswa 19 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, antara lain: a) perencanaan siklus I dengan rata-rata 85,7 % meningkat di siklus II dengan rata-rata 91,1%, b) pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 70,8 %, siklus II menjadi 93,05 % dan aspek siswa pada siklus I dengan rata-rata 66,55 %, dan meningkat pada siklus II menjadi 90,3 c) hasil belajar siswa siklus I rata-rata 72,6 dan siklus II meningkat menjadi 87,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKn, Metode Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21668 |