Ginting, Ivan Immanuel (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 10 Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_IVAN_IMMANUEL_GINTING_1305034_573_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_IVAN_IMMANUEL_GINTING_1305034_573_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_IVAN_IMMANUEL_GINTING_1305034_573_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru belum menerapkan penggunaan
model PBL pada pembelajaran IPS. Selain itu, belum diketahui pengaruh
model PBL terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV
SDN 10 Lubuk Kilangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan
pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di
kelas IV SDN 10 Lubuk Kilangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen-semu (quasi-experimental). Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN 10 Lubuk Kilangan yang berjumlah 57 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas
eksperimen di SDN 10 Lubuk Kilangan. Instrumen dan pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dengan dilakukan
uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Teknik analisis data
yang digunakan adalah statistik inferensial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai postest pada kelompok
kontrol yaitu 81,33 dan kelompok eksperimen 87,57. Nilai thitung sebesar -3.434
dengan P-Value sebesar 0.001. Nilai P-Value yang diperoleh lebih kecil dari α =
0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL
terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 10
Lubuk Kilangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PBL, Hasil belajar, IPSModel PBL, Hasil belajar, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 09:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21657 |