Fatimah, Ita (2021) Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Bengkulu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ITA_FATIMAH_17045095_3492_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_ITA_FATIMAH_17045095_3492_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ITA_FATIMAH_17045095_3492_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengambil data, menganalisis, dan
membahas data tentang Kendala Guru Geografi Dalam Memanfaatkan Media
Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Bengkulu, (2) untuk mengambil data,
menganalisis, dan membahas data tentang Upaya Mengatasi Kendala Yang
Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Daring di SMAN 3
Kota Bengkulu
Penelitian ini menggunakan metode kualitataif deskirptif dimana
pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sebagai objek dari penelitian ini ialah guru geografi di SMAN 3 Kota Bengkulu,
peserta didik, wakil kurikulum serta wali murid. Teknik analisa data
menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi dan bahan referensi. Tringulasi
yang digunakan yaknik sumber dan teknik
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kendala guru
geografi dalam memanfaatkan media pembelajaran daring meliput : 1) Materi
sulit tersampaikan kepada peserta didik, 2) Interkasi pendidik dan peserta didik
tidak berjalan maksimal, 3) Kesulitan dalam mengoreksi tugas—tugas peserta
didik, 4) Terbatas dalam penggunaan media pembelajaran daring, 5) Kesulitan
dalam menggunakan media pembelajaran daring, 6) Guru terkendala sinyal dan
paket internet yang kurang memadai. Upaya untuk mengatasi kendala guru dalam
memanfaatkan media pembelajaran daring meliputi 1) Pemberian sanksi kepada
peserta didik yang yang tidak aktif belajar saat daring, 2) Sekolah memberikan
kemudahan dengan memperbolehkan menggunakan fasilitas Sekolah yakni wifi
dan komputer 3) Guru mengoreksi tugas peserta didik bisa menggunakan
komputer da wifi Sekolah, 4) Sekolah memberikan pelatihan kepada guru dalam
penggunaan media daring.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendala, Media Pembelajaran Daring, Pembelajaran Daring |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21653 |