Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 04 Sariak Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota

Finoriya, Isra (2020) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 04 Sariak Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ISRA_FINORIYA_16129050_3911_2020.pdf] Text
final_B1_06_ISRA_FINORIYA_16129050_3911_2020.pdf

Download (992kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan
dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, kegiatan yang disusun guru belum
sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran,
pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat
membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model
pembelajaran diskusi kelompok sehingga pada pembelajaran masih terkesan
konvensional, dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan
sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan
menggunakan model Discovery Learning di kelas V SD Negeri 04 Sariak Laweh
Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas V SDN 04 Sariak Laweh dengan jumlah 11 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan
rata-rata 87,42% (baik), dan siklus II 95,8% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada
aspek guru siklus I dengan rata-rata 91,42 (sangat baik), dan siklus II 98,6%
(sangat baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 88,37 (baik),
dan siklus II 94,4% (sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I
memperoleh rata-rata 75,85 dan siklus II dengan rata-rata 91. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Peningkatan, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:39
Last Modified: 14 Aug 2025 08:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item
View Item