Rahmi, Ismika (2018) Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas V SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittingi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ISMIKA_RAHMI_1300542_1727_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_ISMIKA_RAHMI_1300542_1727_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ISMIKA_RAHMI_1300542_1727_2018.pdf
Download (479kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antar sesama siswa
dalam peroses pembelajaran dikarenakan guru belum menggunakan model
pembelajaran yang bervariasi yang mendorong adanya interaksi antar sesama
siswa sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning
tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SDN 09
Belakang Balok Kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi
experiment tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi
dengan jumlah 53 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 53 orang siswa
yang terdiri dari dua kelas yaitu kela VA dan VB. Teknik pengambilan sampel
yaitu nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data berupa uji hipotesis
menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil perhitungan uji
hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 2,53 dan harga ttabel dengan t(0,05;51) pada
taraf signifikansi 5% dan dk 53 adalah 2,00758 sehingga thitung > ttabel, yang berarti
Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model Cooperative Learning
tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas V SDN
09 Belakang Balok Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21640 |