Muslim, Ismail (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Mind Mapping di Kelas V SD Negeri 14 Salo Kecamatan Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ISMAIL_MUSLIM_1300563_4633_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_ISMAIL_MUSLIM_1300563_4633_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ISMAIL_MUSLIM_1300563_4633_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang tidak melibatkan
siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran IPS sehingga pemahaman
siswa terhadap materi pembelajaran kurang yang mengakibatkan hasil belajar
siswa rendah. Untuk itu diadakan penelitian menggunakan mind map.Tujuan
penelitian adalah mendeskripsikan rencana pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan mind map.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah peneliti (guru) dan siswa kelas V SD Negeri 14 Salo
Kecamatan Baso yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua
siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Prosedur
penelitian dilakukan melaluli 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)
pengamatan, 4) refleksi. Data penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan
hasil penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I penilaian RPP rataratanya
89% (Sangat Baik), Aspek guru rata-ratanya 88% (Sangat Baik), Aspek
siswa rata-ratanya 76% (Baik), dan hasil belajar siswa rata-ratanya 73,4. Pada
siklus II penilaian RPP rata-ratanya 96% (Sangat Baik), Aspek guru rata-ratanya
93% (Sangat Baik), Aspek siswa rata-ratanya 86% (Baik), dan hasil belajar siswa
rata-ratanya naik menjadi 82,7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan mind maping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 14 Salo Kecamatan Baso
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:30 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21632 |