Peningkatan Hasil Belajar Operasi Campuran dengan Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Muara Jambu Pesisir Selatan

Aswanti, Aswanti (2013) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Campuran dengan Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Muara Jambu Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ASWANTI_93752_344_2013.pdf] Text
final_B1_6_ASWANTI_93752_344_2013.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran didominasi oleh guru, kurangnya pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman kepada siswa untuk dapat membangun pengetahuannya, sehingga pembelajaran bersifat pasif. Hal ini menyebabkan masih rendahnya hasil belajar operasi hitung campuran. Untuk itu, meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran, peneliti menggunakan pendekatan Realistik Mathematic Education (RME). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar Operasi Campuran Dengan Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) di kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Muara Jambu Pesisir Selatan Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di bidang pendidikan dengan materi Operasi Campuran Dengan Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) di kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Muara Jambu Pesisir Selatan, yang siswanya berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil belajar yang dilaksanakan dua siklus menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran operasi hitung campuran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I adalah 73 % terjadi penigkatan pada siklus II adalag 88%, Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 71 % meningkat pada siklus II adalah 90 % dan pelaksanaan pembelajaran pada aspek siswa siklus I adalah 67% meningkat pada siklus II adalah 88%. Rata –rata hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) pada siklus I adalah 66, sedangkan pada siklus II terjadi penigkatan menjadi 88. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa langkah pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil pembelajaran operasi hitung campuran di kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Muara Jambu Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Operasi Campuran, Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:58
Last Modified: 14 Aug 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21590

Actions (login required)

View Item
View Item