Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi pada PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota

Hanif, M (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi pada PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_M_HANIF_17059177_1378_2022.pdf] Text
final_B1_7_M_HANIF_17059177_1378_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota (2) Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota (3) Kepuasan pelanggan merupakan variabel yang dapat memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penilitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lima Puluh Kota yang rekening sambungan rumahnya masih aktif pada bulan maret 2021 yaitu sebanyak 13. 178 pelanggan sambungan rumah. Dengan menggunakan probability sampling yaitu simple random sampling kami menggunakan 100 responden. Penelitian ini menggunakan kuensioner online sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini menganalisis data dengan analisis jalur dengan alat ukur menggunakan program SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa : (1) Kualitas pelayanan terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lima Puluh Kota (2) Kepuasan pelanggan terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lima Puluh Kota (3) Kepuasan pelanggan terbukti memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, dan kualitas pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:09
Last Modified: 14 Aug 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item
View Item